Selasa, 06 Maret 2012

Lebih Sukses dengan Mengubah Cara Berpikir





Jangan pernah menganggap hidup terlalu serius.

Tidak ada orang akan keluar dari sana hidup-hidup.
 Anonim 



Sesungguhnya, semua dalam hidup dimulai dari pikiran. Benar pepatah yang mengatakan bahwa jika pikiran kita buruk, maka buruklah semua yang terjadi dalam hidup.


Karena tak dapat mengendalikan pikiran, kita seringkali dibingungkan antara opini dan fakta. Misalnya, ada dua orang yang sedang asyik mengobrol, ketika kita bergabung, mereka langsung saja terdiam. Atau ketika rekan kerja kita hanya menatap kosong ketika kita tersenyum manis padanya. Kemudian kita menjadi stress, depresi, marah, kecewa dan sakit hati. Sementara kita tidak mengetahui apa-apa tentang fakta keadaan mereka yang sebenarnya. Ini hanyalah dua contoh kasus yang sepele, namun cukup menjelaskan bahwa hal yang paling kecil sekalipun dapat memicu sakit hati yang besar jika kita memasukkan semuanya ke dalam hati kita. Jika saja kita bisa memisahkan antara fakta dan opini dan tidak terlalu mengaitkan keduanya. Bisa saja salah satu dari dua orang yang asyik mengobrol itu sedang menceritakan rahasia hidupnya yang membuatnya malu, tepat ketika Anda memasuki area percakapan mereka yang sangat pribadi. Bisa saja rekan kerja Anda baru saja didamprat oleh bossnya ketika Anda menyapanya. Hanya karena faktanya demikian, tak berarti Anda bisa mengacaukan hidup Anda sendiri dengan memberikan opini yang buruk pada pengalaman tersebut.



Ada orang-orang yang sangat peka dalam perasaan mereka. Anda mungkin menjumpainya di sekitar Anda. Gampang tersinggung, sedikit-sedikit merajuk, mudah marah, dan tak bisa menerima kritik. Mungkin Anda sendiri pernah dirugikan oleh mereka! Nah, Anda bisa melihat betapa berbedanya keadaan mental orang-orang tersebut dibandingkan mereka yang selalu bersemangat dan tak menganggap segala sesuatu terlalu pribadi.


Pikiran adalah hal yang paling nyata. Pikiran adalah kekuatan. Jika pikiran kita difokuskan pada hal-hal yang berarti, hidup kita akan menjadi lebih baik. Sebaliknya, jika pikiran kita selalu diisi dengan hal-hal yang negatif, seluruh jiwa dan tubuh kita akan menderita.

Anda mungkin suatu kali gagal, dikhianati, dicuekin orang, atau mengalami hal-hal paling buruk dalam hidup. Jika Anda memang tak bisa mengubahnya, Anda dapat mulai mengubah cara pikir Anda. Realisasikan pemikiran-pemikiran tersebut ke dalam tindakan dan jadilah seperti yang Anda percayai. Anda kuat. Anda hebat. Anda punya segala kekuatan yang dapat membuat Anda berhasil. Jangan biarkan orang lain, keadaan atau fakta menggoyahkan keyakinan Anda. Anda ditentukan untuk tampil sebagai pemenang. Mulailah membuat perbedaan dengan cara berpikir Anda yang baru itu!

Ide:

Bagaimana jika Anda menantang diri Anda untuk selama 21 hari membuang segala pikiran negatif dan hanya memusatkan diri pada segala hal yang baik dalam hidup. Tulislah perkembangan Anda di sebuah catatan harian (journal) dan lihatlah apakah hal itu membawa perbedaan dalam diri Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis