Sabtu, 25 Februari 2012

CARA MENGASAH OTAK


Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernah meneliti otak tikus. Mereka menemukan, otak tikus tumbuh sebesar 4 persen saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari, misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjat tangga, dan bersosialisasi dengan tikus lain.

Nah, otak tikus saja bisa dilatih untuk tumbuh, apalagi otak manusia. Makin dilatih, otak kita pasti kian tajam. Kehilangan daya ingat dalam jumlah tertentu pada usia berapa pun adalah wajar, sama seperti terjadinya perubahan pada organ tubuh lain. Yang penting, jangan malas untuk rajin melatih otak kita agar daya ingat tetap kuat sepanjang masa.

Ini caranya:  

1.    Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2.    Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

3.    Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

4.    Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

5.    Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

6.    Tekuni hobi. Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi Anda.

7.    Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

8.    Hafalkan sesuatu yang Anda sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

9.    Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

10.    Ingat perjalanan pribadi. Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

11.    Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. Apa yang Anda beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarang? Kapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya

Sumber

Kata-Kata Bijak Einstein

 Meski ia mengatakan, “Aku tidak punya bakat khusus. Aku hanyalah orang yang penasaran.” namun nama “Einstein” sangat identik dengan kata “Jenius”. Hampir tidak ada seorangpun yang menolak jika Einstein dikatakan sebagai prototipe manusia jenius.

Berikut berbagai pemikiran dan pendapat sang maskot ilmuwan modern.

-Hakikatku adalah yang aku pikirkan, bukan apa yang aku rasakan

-Selagi ada cinta tidak perlu ada lagi pertanyaan

-Aku Berpikir terus menerus berbulan-bulan dan bertahun tahun, sembilan puluh sembilan kali dan kesimpulannya salah. Untuk yang keseratus aku benar.

-Kalau mereka ingin menemuiku, aku ada disini. Kalau mereka ingin bertemu dengan pakaianku, bukalah lemariku dan tunjukkan pada mereka. (Ketika istrinya memintanya berganti untuk menemui Duta Besar Jerman)

BIOGRAFI Albert_Einstein

Albert_Einstein

 Albert Einstein dapat dikatakan sebagai ilmuwan paling terkenal di abad 20. Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Penemuan terbesarnya adalah teori relativitas yang dikemudian hari disalahgunakan manusia untuk pengembangan senjata nuklir. Einstein juga banyak menyumbang pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penemuannya tentang efek fotoelektrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoritis". Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Kepopuleran Einstein melampaui popularitas semua ilmuwan dalam sejarah dan Einstein sampai sekarang menjadi simbol kejeniusan. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia hingga majalah times tahun 1999 menobatkan Einstein sebagai tokoh abad 20.

Biografi Singkat

Einstein lahir di Ulm, Wurttemberg kurang lebih 100 km sebelah timur Stutgart Jerman, 14 Maret 1879 dan meninggal 18 April 1955 pada umur 76 tahun di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat.Ia berasal dari keturunan Yahudi dari pasangan Hermann Einstein dan Paulline. Ayahnya berprofesi sebagai penjual ranjang bulu yang kemudian berganti pekerjaan dalam bisnis elektrokimia. Albert disekolahkan di sekolah Katholik.Naluri Ilmuwan Einstein dimulai sejak umur lima tahun saat ayahnya menunjukkan kompas kantung. Ia menganggap ada sesuatu di ruang yang "kosong" bereaksi terhadap jarum di kompas tersebut. Einstein kemudian menjelaskan pengalamannya ini sebagai moment paling menggugah dalam hidupnya. Sebagai seorang pelajar, Einstein dianggap sebagai pelajar yang lambat dalam mengikuti pelajaran, sifatnya pemalu. Namun kelambatanya berfikir tidak menghalangi minat, semangat, dan kerja kerasnya untuk belajar terus menerus, bereksperimen, dan menggali pengetahuan sampai akhirnya Ia berhasil menghasilkan karya spektakuler dan belum bisa ditandingi ilmuan lainnya. Ia menjungkirbalikkan fakta dan teori-teori psikologi tentang kejeniusan. Setelah itu para psikolog meredefinisi makna jenius, dan pada perkembangan ilmu psikologi modern akhirnya diketahui bahwa kecerdasan manusia itu sangat beragam, dan kecerdasan paling penting mempengaruhi kehidupan sesorang adalah kecerdasan emosi. Eisntein mendapat nobel fisika tahun 1921 justru karena kelambatanya. Dia kemudian diberikan penghargaan untuk teori relativitasnya karena kelambatannya ini. Setelah diadakan penelitian mengenai struktur otak Einstein (setelah ia meninggal) para ahli neuroologi berpendapat bahwa lambatnya perkembangan mental Eisntein diwaktu kecil disebabkan dia menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan autisme.

Einstein mulai belajar matematika pada umur dua belas tahun. Dua pamannya membantu mengembangkan ketertarikannya terhadap dunia intelek pada masa akhir kanak-kanaknya dan awal remaja dengan memberikan buku tentang sains dan matematika. Pada tahun 1894, Einstein pindah dari Munich ke Pavia, Italia (dekat kota Milan) karena kegagalan bisnis elektrokimia ayahnya. Albert tetap tinggal di Jerman menyelesaikan satu semester sekolahnya sebelum bergabung kembali dengan keluarganya di Pavia. Pada usia remaja Einstein sempat gagal tes masuk Eidgenössische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal, di Zurich). Einstein oleh keluarganya kemudian dikirim ke Aarau Swiss, untuk menyelesaikan sekolah menengahnya sampai berhasil menyelesaikan diploma tahun 1896. Setelah beberapa kali gagal, akhirnya Eisntein dapat mengenyam pendidikan di Eidgenössische Technische Hochschule. 

Pada 1898, Einstein bertemu dengan Mileva Marić, seorang Serbia teman kelasnya yang dikemudian hari menjadi pasangan hidup Einstein. Pada tahun 1900, dia diberikan gelar untuk mengajar oleh Eidgenössische Technische Hochschule dan diterima sebagai warga negara Swiss pada 1901. Selama masa ini Einstein mendiskusikan ketertarikannya terhadap sains kepada teman-teman dekatnya, termasuk Mileva. Dia dan Mileva memiliki seorang putri bernama Lieserl, lahir dalam bulan Januari tahun 1902. Lieserl Einstein, pada waktu itu, dianggap tidak legal karena orang tuanya tidak menikah.

Karir pekerjaan
Pada saat kelulusannya Einstein tidak berprofesi sebagai pengajar, namun bekerjasebagai asisten teknik pemeriksa di Kantor Paten Swiss pada tahun 1902. Di kantor tersebut bakat ilmuwan Einstein mulai berkembang pesat. Ia menganggap aplikasi paten memerlukan aplikasi ilmu fisika. Dia kadang-kadang memperbaharui desain aplikasi kantor paten juga mengevaluasi kepraktisan hasil kerja mereka.

Einstein menikahi Mileva pada 6 Januari 1903. Mileva adalah seorang matematikawan teman kuliah Einstein. Pada 14 Mei 1904, anak pertama dari pasangan ini, Hans Albert Einstein, lahir. Pada 1904, posisi Einstein di Kantor Paten Swiss menjadi tetap. Dia mendapatkan gelar doktor setelah menyerahkan thesis "Eine neue Bestimmung der Moleküldimensionen" ("On a new determination of molecular dimensions") pada tahun 1905 dari Universitas Zürich. 

Di tahun yang sama dia menulis empat artikel yang memberikan dasar fisika modern. Banyak fisikawan setuju bahwa ketiga thesis itu (tentang gerak Brownian), efek fotolistrik, dan relativitas khusus) pantas mendapat Penghargaan Nobel. Tetapi hanya thesis tentang efek fotoelektrik yang mendapatkan penghargaan tersebut. Ini adalah sebuah ironi, bukan hanya karena Einstein lebih tahu banyak tentang relativitas, tetapi juga karena efek fotoelektrik adalah sebuah fenomena kuantum, yang membuka jalan terbentuknya teori kuantum. Hal yang membuat membuat thesisnya luar biasa bahwa ia berhasil menjelaskan teori fisika ke konsekuensi logis dan berhasil menjelaskan hasil eksperimen yang membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Sampai akhirnya Persatuan Fisika Murni dan Aplikasi (IUPAP) merencanakan untuk merayakan 100 tahun publikasi pekerjaan Einstein di tahun 1905 sebagai Tahun Fisika 2005.

Di artikel pertamanya di tahun 1905 berjudul "On the Motion—Required by the Molecular Kinetic Theory of Heat—of Small Particles Suspended in a Stationary Liquid", mencakup penelitian tentang gerakan Brownian menggunakan teori kinetik cairan yang pada saat itu kontroversial. Einstein berhasil memberi penjelasan detail tentang fenomena yang masih membingungkan para ilmuwan saat itu. Dalam beberapa dekade berikutnya teori Eisntein memberikan bukti empirik (atas dasar pengamatan dan eksperimen) kenyataan adanya atom. dan mekanika statistika yang saat itu dianggap kontroversial. Sebelum Einstein mengemukakan thesisnya atom dikenal baru pada tataran sebagai konsep. Para fisikawan dan kimiawan masih berdebat dengan sengit apakah atom itu benar-benar suatu benda yang nyata. Diskusi statistik Einstein tentang perilaku atom memberikan mengilhami eksperimen menghitung atom hanya dengan melihat melalui mikroskop biasa. Wilhelm Ostwald, seorang pemimpin sekolah anti-atom, kemudian memberitahu Arnold Sommerfeld bahwa ia telah merujuk penjelasan komplit Einstein tentang gerakan Brown.

Hal yang sebaiknya dilakukan ketika marah

Jika ada pertanyaan 'Pernahkah Anda marah?', maka hampir semua kita mungkin akan menjawab 'pernah'. Mengapa? Karena marah merupakan bumbu kehidupan yang kerap memberi rasa pada perjalanan hidup kita. Suatu rasa yang seringkali terasa pahit.

Marah adalah hal yang sulit kita hindari. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita mengetahui tindakan-tindakan positif apa saja yang dapat kita lakukan saat kita marah. Setidaknya tindakan tersebut dapat membuat marah kita segera mereda atau pun mengurangi kemungkinan memburuknya hubungan kita dengan orang lain.
Berikut beberapa saran yang dapat dilakukan saat kita marah:

Jumat, 24 Februari 2012

MERENUNG


Sering dalam kehidupan sehari hari kita mendengar atau malah kita yang mengatakan coba pikirkan. Bagaimana sih kira kira jika seseorang mengatakan hal tersebut kepada kita ? Atau bagaimana menurut kita yang harus dilakukan orang ketika kita mengatakan coba pikirkan.
Sepertinya jika ada orang yang mengatakan hal tersebut yang memang mengharuskan untuk melaksanakan ucapan atau kata kata orang tersebut, kita tidak akan bisa tanpa menyediakan waktu khusus.

Charles Forster Penemuan Tusuk Gigi


Charles Forster benar-benar pelaku marketing yang cerdas. Saking cerdasnya, dia kerap disebut sebagai tenaga marketing yang bisa sukses menjual daging sapi kepada kaum vegetarian. Tentu ini hanya sekadar perumpamaan, karena kaum vegetarian tidaklah mengonsumsi daging. Perumpamaan ini dibuat untuk menunjukkan bahwa Forster mampu menjual sesuatu yang tidak bisa orang lain jual

Pria kelahiran Charlestown, Massachusetts, tahun 1826 ini tumbuh di keluarga aristokrat Inggris. Di masa remaja, dia bekerja dengan pamannya yang menjalankan bisnis ekspor/impor di Brazil. Saat tinggal di Brazil itulah kecerdasan marketingnya terasah. Saat itu dia melihat kebanyakan gigi penduduk asli Brazil terlihat rapi.

Kisah Sukses "Li Ka Shing"


     Ia adalah seorang konglomerat Hong Kong bernama Li Ka Shing dan menjadi orang paling kaya di Hongkong.
”Visi bisa jadi adalah kekuatan terbesar kita. Ia selalu membangkitkan daya dan kesinambungan hidup; Ia membuat kita memandang masa depan dan memberi kerangka tentang apa yang belum kita ketahui.” Li Ka Shing, orang terkaya Hongkong.
Tidak ada alasan untuk menjadi orang gagal. Ketekunan, kesabaran dan semangat juang yang tinggi dapat membuat kita meraih apa yang kita inginkan.


Pria kelahiran 13 Juni 1928, Chaozhou, propinsi Guangdong, Cina ini adalah seorang pengusaha ternama di Hong Kong dan dikenal juga sebagai s eorang dermawan. Bahkan dianggap sebagai salah satu tokoh yang paling kuat di Asia. Li dinamai Asia's Most Powerful Man oleh Asiaweek pada tahun 2001 dan masuk dalam daftar orang terkaya versi majalah Forbes Amerika tahun 2007, menduduki posisi ke-9 dengan kekayaan diperkirakan mencapai US$ 32 miliar. Perusahaan-perusahaan utamanya bergerak di bidang real estat, pelabuhan dan infrastruktur. Selain itu ia juga menjalani usaha-usaha di bidang lain, salah satunya telekomunikasi.

Latar Belakang

Ayah Li Ka Shing adalah seorang guru miskin dari selatan kota pelabuhan Cina, Chaozhou. Li Ka Shing dilahirkan dalam sebuah keluarga miskin yang lari ke daratan Cina Hong Kong pada tahun 1940 setelah serangan bom Jepang menutup sekolah ayahnya. Saat itu, ia tinggal di rumah pamannya yang kehidupannya lebih baik. Sering kali ia dianggap remeh oleh pamannya. Ia dianggap orang biasa yang tidak akan pernah bisa maju. Hingga akhirnya Li bertekad kuat untuk bisa mandiri. Tekadnya semakin teruji ketika ayah Li meninggal dunia secara mendadak pada tahun 1943. Sebagai anak sulung yang baru berusia 15 tahun, Li harus memikul tanggung jawab besar dengan menjadi tulang punggung keluarga.

Karir dan Pencapaian

Tanpa memiliki banyak pendidikan formal, Li memulai karirnya di Hong Kong sebagai seorang buruh di sebuah pabrik plastik. Ia harus bekerja keras selama 16 jam sehari. Pada tahun 1950-an, dengan modal pinjaman dari relasinya di bisnis plastik, ia memberanikan diri membuka sebuah usaha sendiri, sebuah perusahaan kecil yang membuat bunga plastik bernama Cheung Kong Industries. Sebagian orang menganggapnya remeh, namun dengan kejeliannya, ia melihat peluang bahwa di negara barat banyak yang membutuhkan bunga plastik.

Bisnis Li mengalami kemajuan pesat sepanjang tahun 1950-an, ketika Cheung Kong Industries mulai membuat dan mengekspor bunga plastik buatan mereka ke Amerika Serikat. Setelah perusahaannya berkembang, pada tahun 1971 Li mendirikan Cheung Kong Real Estate Company. Perusahaan inilah yang akhirnya membuat Li menjadi pengembang swasta terkemuka di Hong Kong pada akhir tahun 1970-an. Dua tahun kemudian, perusahaannya mencatatkan diri masuk bursa Hong Kong Stock Exchange.

Pada tahun 1979 Li menjadi pengusaha Cina pertama yang membeli salah satu perusahaan dagang lokal milik Inggris ketika ia mengakuisisi Hutchison Whampoa. Dibawah kepemimpinannya, Hutchison Whampoa berubah menjadi operator pelabuhan independen terbesar di dunia. Perusahaannya juga mengakuisisi Hong Kong Electric Holdings Limited, perusahaan Husky Oil di Kanada dan mengendalikan operasi ponsel di Australia, Eropa, dan Amerika Serikat. Usaha-usaha lain yang ia jalani adalah layanan Internet, Tom.com, yang terbukti sangat populer di negara Cina.

Keluarga

Li Ka shing memiliki 2 putra, Richard dan Victor. Kedua anak laki-lakinya memainkan peran penting dalam bisnis ayah mereka. Victor menjabat sebagai Direktur dan Wakil Ketua Cheung Kong dan Wakil Ketua Hutchison Whampoa. Sedangkan putra bungsunya, Richard adalah ketua perusahaan teknologi informasi PCCW, salah satu perusahaan terbesar TI dan telekomunikasi di Asia.

Filantropi

Li juga mendapat perhatian atas kedermawanannya. Ia mendirikan Li Ka Shing Foundation (1980) dan organisasi-organisasi amal yang lain, yang mendonasikan jutaan dollar untuk pendidikan, diantaranya Universitas Manajemen Singapura, Shantou University di Shantou Cina, Universitas Hong Kong dan rumah sakit di Asia Timur dan Amerika Utara. Ia juga menjanjikan dukungan bagi upaya penyelamatan setelah tsunami Samudra Hindia 2004 dan gempa bumi Sichuan 2008 lalu.

KISAH SUKSES STEV JOBS

  
     Cerita sukses tak selalu bermula dari ide besar. Banyak sukses yang justru lahir dari gagasan sepele. Ada juga yang menangguk untung besar lantaran kelihaiannya mengadopsi dan meniru temuan orang lain. Tetapi tak sedikit juga yang meraih sukses karena keberaniannya menanggung risiko dan kreativitasnya dalam melakukan inovasi terhadap sesuatu yang sudah ada.
Dalam bukunya, Emily Ross & Angus Holland mengisahkan hal ini cukup menarik. Ia juga memilah-milah kisah sukses atas dasar sejarah dan kecenderungannya, sehingga mempermudah pembaca untuk memahami. Sebagai contoh adalah kisah-kisah sukses yang diraih karena kekuatan adaptasi modelnya. Ross & Holland menyebutkan Starbucks yang berevolusi dari hanya sebuah toko penjual biji kopi, dan Coca Cola yang berjaya setelah dikemas dalam botol.

CARA BERFIKIR ORANG SUKSES

1. Big picture thinking bukan small thinking
Cara berpikir ini menjadikan mereka terus belajar, banyak mendengar dan terfokus sehingga cakrawala mereka menjadi luas.

2. Focused thinking bukan scattered thinking
Sehingga dapat menghemat waktu dan energi, loncatan-loncatan besar dapat mereka raih.

10 CERITA KISAH SUKSES THOMAS ALVA EDISON


10 CERITA KISAH SUKSES THOMAS ALVA EDISON
Di antara berbagai kisah sukses pendiri General Electric itu terselip beberapa fakta menarik. Berikut ini kami sajikan 10 diantaranya.

1. Sulit mendengar, bukan tuli
Edison kerap kali disebut tuli. Padahal ia bukan sama sekali tidak bisa mendengar, namun memiliki kesulitan untuk mendengar secara sempurna. Penyebabnya berbeda menurut beberapa sumber. Ada yang menyebut karena demam ketika ia masih kecil serta beberapa kali infeksi bagian tengah telinga yang tidak diobati. Ada juga yang menyebutkan karena telinganya dipukul kondektur kereta api ketika laboratorium kimianya di gerbong barang terbakar.

Kisah Sukses & Biografi Thomas Alva Ediso

Biografi Thomas Alva Edison, Penemu Besar Lampu Pijar

    Thomas Alva Edison dilahirkan di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Tahun 1954 orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan. Edison pun tumbuh besar di sana. Sewaktu kecil Edison hanya sempat mengikuti sekolah selama 3 bulan. Gurunya memperingatkan Edison kecil bahwa ia tidak bisa belajar di sekolah sehingga akhirnya Ibunya memutuskan untuk mengajar sendiri Edison di rumah. Kebetulan ibunya berprofesi sebagai guru. Hal ini dilakukan karena ketika di sekolah Edison termasuk murid yang sering tertinggal dan ia dianggap sebagai murid yang tidak berbakat.



     Meskipun tidak sekolah, Edison kecil menunjukkan sifat ingin tahu yang mendalam dan selalu ingin mencoba. Sebelum mencapai usia sekolah dia sudah membedah hewan-hewan, bukan untuk menyiksa hewan-hewan tersebut, tetapi murni didorong oleh rasa ingin tahunya yang besar. Pada usia sebelas tahun Edison membangun laboratorium kimia sederhana di ruang bawah tanah rumah ayahnya. Setahun kemudian dia berhasil membuat sebuah telegraf yang meskipun bentuknya primitif tetapi bisa berfungsi.

THOMAS ALVA EDISON PENEMU BOLA LAMPU

Thomas Alva Edison 11 February 1847 - 18 Oktober 1931


KUMPULAN ALAT PENEMUAN THOMAS ALVA EDISON

Mesin Bersuara (1868)

     Jauh sebelum Amerika menggunakan mesin diebold untuk penghitungan suara, Edison sudah menawarkan alat hasil temuannya bernama Vote Recorder. Alat ini menghitung suara dengan model pertanyaan Ya atau Tidak. Sayangnya, mesin penghitung suara ini memiliki waktu proses yang lambat. Sampai-sampai salah seorang Ketua Komite Kongres berkata, “Bila ada sebuah penemuan di bumi ini yang tidak kita inginkan, mesin inilah dia,” katanya.
 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis