Selasa, 10 April 2012

Tipe orang manakah anda? Quitters, Winners or Idiots ?

 
Ada satu quote yang bagus sekali dari Larry Kersten, seorang penulis dan sosiolog Amerika, yang berbunyi “Quitters never win, winners never quit, but those who never quit and never win are idiots”. (Orang yang selalu berhenti tidak pernah menang, pemenang tidak pernah berhenti, tetapi orang yang tidak pernah berhenti dan tidak pernah menang adalah orang idiot). Menurut saya, ini merupakan salah satu prinsip sukses yang penting.

Semua orang di dunia ini memiliki Goal atau target masing-masing (bisa tujuan kecil seperti ingin mengurangi merokok, mengurangi berat badan,dsb, bisa juga tujuan besar seperti kebebasan financial, keharmonisan rumah tangga, dsb), tetapi kebanyakan dari mereka berhenti dalam usaha mencapai targetnya ketika menghadapi masalah, dan hanya sedikit dari mereka yang berani untuk bangun dari masalah dan terus maju untuk mencapai targetnya. Oleh karena itulah, hanya sedikit orang sukses di dunia ini. Padahal mungkin saja, langkah mereka menuju targetnya hanya terpaut sedikit dari keadaan ketika mereka berhenti hanya saja tidak mereka sadari. Ada 2 yang biasa dilakukan orang ketika menghadapi masalah dalam pencapaian targetnya. Yang pertama ialah hadapi masalah dan terus maju menuju targetnya. Yang kedua (mayoritas orang melakukan ini) ialah berhenti, kemudian berusaha untuk menurunkan targetnya atau menggantinya.
Perlu dicatat, bahwa masalah akan terus datang setiap saat. Terlebih lagi ketika anda sedang berusaha untuk mengejar mimpi atau target anda. Jika anda selalu berhenti ketika menghadapi masalah, maka dijamin anda tidak akan mencapai tujuan anda. Yang membedakan loser (pecundang) dengan winner (pemenang) adalah attitude (sikap). Pecundang selalu membenarkan masalah dan menghindarinya sebagai alasan bagi mereka untuk berhenti, sedangkan pemenang selalu berusaha untuk mengatasi masalah sebagai pembelajaran mereka dalam mencapai targetnya.
Tetapi, seperti kata Larry Kersten, orang yang tidak pernah berhenti dan tidak pernah menang adalah orang idiot. Ada kalanya anda harus berhenti dan mengganti haluan, karena bisa saja langkah yang anda ambil dalam mencapai tujuan anda salah dan tidak akan mengantarkan anda mencapai tujuan anda. Menurut Tim Connor, seorang pembicara dan penulis Amerika terkenal, sebelum anda berhenti, cobalah untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan sederhana kepada diri anda seperti apakah langkah yang anda ambil benar? Apakah tujuan anda berarti bagi anda? Apa akibatnya kalo anda tidak mencapainya? Apa hasil kalo anda berhasil mencapainya? Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin akan membantu anda untuk lebih menyadari arti penting tujuan anda dan mungkin membantu anda untuk tidak berhenti dan terus maju.
Tips: Selesaikanlah apa yang telah anda mulai. Jangan selalu berhenti dan menyerah ketika masalah menghadang. Sadari arti penting mimpi anda, akibat jika anda berhenti dan juga hasil jika anda berhasil. Ingat, yang membedakan winner dan loser adalah attitude.

Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis